Pertemuan Bilateral Indonesia-Prancis di Sela-sela KTT G7, Jokowi Minta Dukungan Emmanuel Macron

- 22 Mei 2023, 00:44 WIB
Presiden Joko Widodo dan Presiden Prancis, Emmanuel Macron, melakukan pertemuan bilateral di sela-sela KTT G7 ke-49 di Hiroshima, Jepang
Presiden Joko Widodo dan Presiden Prancis, Emmanuel Macron, melakukan pertemuan bilateral di sela-sela KTT G7 ke-49 di Hiroshima, Jepang /BPMI Setpres/

PORTAL LEBAK - Pertemuan bilateral Presiden Joko Widodo di hari terakhir penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 ke-49 di Jepang adalah bertemu dengan Presiden Prancis, Emmanuel Macron.

Pertemuan Presiden Jokowi dan Presiden Macron merupakan pertemuan lanjutan yang sempat tertunda bersama dengan Menteri Pertahanan dan Menteri Luar Negeri kedua negara.

Pertemuan bilateral antara Indonesia dan Prancis berlangsung di Hotel Grand Prince, Hiroshima, pada hari Minggu, 21 Mei 2023. Sedikitnya ada empat hal yang dibahas Presiden Jokowi pada momen tersebut, terutama terkait bidang pertahanan.

Baca Juga: Breaking News: Gempa Kerkekuatan Magnitudo 7,7 Melanda Kaledonia Baru, Memicu Peringatan Tsunami di Pasifik Se

Pertama adalah Presiden Jokowi meminta dukungan Presiden Macron supaya Indonesia diterima masuk menjadi anggota Financial Action Task Force (FATF).

"Pertama, keanggotaan Indonesia di FATF, saya harap dukungan Prancis agar Indonesia diterima sebagai anggota FATF. Indonesia satu-satunya negara G20 yang belum menjadi anggota FATF," ujar Presiden Jokowi, seperti yang diterima PortalLebak.com dari Sekretariat Presiden, 21 Mei 2023.

Kedua adalah soal kelanjutan kerja sama Indonesia dengan Uni Eropa dalam Indonesia-EU Comprehensive Economic Partnership Agreement (IUE-CEPA).

Baca Juga: Militer Arab Saudi Selesaikan Misi Evakuasi Pertama Kepada 108 Warga Sipil dan Diplomatnya Keluar dari Sudan

Halaman:

Editor: Jefry Agustinus Alexander B


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah