World Water Forum WWF ke-10 Kembangkan Prioritas di 4 Kawasan Dunia

- 24 Mei 2024, 06:36 WIB
PBB berikan apresiasi kepada Indonesia dalam mengatasi persoalan air dan sanitasi pada World Water Forum (WWF) ke-10 di Nusa Dua, Bali
PBB berikan apresiasi kepada Indonesia dalam mengatasi persoalan air dan sanitasi pada World Water Forum (WWF) ke-10 di Nusa Dua, Bali /@WWaterForum10/Twitter

PORTAL LEBAK - World Water Forum ke-10 telah menguraikan prioritas di empat kawasan termasuk Asia-Pasifik, Mediterania, Amerika, dan Afrika. Setiap koordinator regional bertemu untuk membahas pengembangan dan identifikasi tindakan prioritas terkait krisis air di tingkat lokal dan regional.

“Semangat kerja sama tidak hanya menjadi landasan kokoh bagi masa depan yang berkelanjutan (pengelolaan air) tetapi juga berperan penting dalam keberhasilan (pengelolaan air) di setiap wilayah,” kata Presiden World Water Forum (WWF) Loic Fauchondi Badung, Bali, Kamis 23 Mei 2024.

Dalam sesi ini, masing-masing dari empat koordinator regional World Water Forum berbagi hasil diskusi selama setahun dan penyebaran ide-ide praktis untuk mengatasi tantangan air di wilayah tersebut.

Baca Juga: Ini Alasan Elon Musk Datang ke World Water Forum di Bali

World Water Forum juga memberikan kesempatan untuk mengeksplorasi aspek-aspek prioritas air yang umum namun seringkali berbeda antar wilayah.

Dalam sesi ini, pembicara antara lain President of the Mediterranean Water Institute (IME) Alain Meyssonnier, CEO Sabesp Benedito Braga, Executive Secretary of the African Ministerial Council on Water (AMCOW) Rashid Mbaziira, Chairman of the Asia-Changhua Association Wu Executive Dewan Pacific Water Forum (APWF) dan Eelco Van Beek dari Asian Development Bank (ADB).

Loic berpendapat bahwa seluruh sesi proses regional harus dimanfaatkan sepenuhnya untuk bekerja sama dan mencari solusi terbaik untuk mengatasi masalah air. Pengolahan air berdasarkan wilayah maupun antar wilayah yang saling berhubungan.

Baca Juga: Dirjen IKP Kominfo Usman Kansong: Kesiapan Infrastruktur World Water Forum Capai 60 Persen

“Semangat kerjasama tidak hanya menjadi landasan kokoh bagi masa depan (pengelolaan air) yang berkelanjutan tetapi juga berperan penting dalam keberhasilan (pengelolaan air) masing-masing daerah,” ungkapnya.

Halaman:

Editor: Dwi Christianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah