Festival Lampion mengakhiri rangkaian perayaan Waisak 2024 di Candi Borobudur

- 24 Mei 2024, 10:44 WIB
Borobudur Bercahaya, Festival Lampion Meriahkan Penutupan Waisak
Borobudur Bercahaya, Festival Lampion Meriahkan Penutupan Waisak /Dok. istimewa/

PORTAL LEBAK - Perayaan nasional Waisak 2568 BE/2024 digelar di Lapangan Marga utama Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah dan diakhiri dengan festival lampion yang diselenggarakan oleh organisasi Majelis Agama Mahanikaya Budha Indonesia (MBMI).

Berdasarkan pantauan di Magelang, pada Kamis malam, sebelum pelepasan lampion, umat Buddha terlebih dahulu melakukan sesi meditasi yang dipimpin oleh sangha, setelah itu umat diajarkan cara melepaskan lampion.

Lampion yang dilepas terbuat dari bahan ramah lingkungan dan akan terurai sempurna setelah digantung di udara, sehingga tidak menimbulkan limbah bagi lingkungan.

Baca Juga: Selamat Hari Waisak Tri Suci, Menteri Agama: Menciptakan momentum jalinan kerukunan pasca pemilu

Hal ini terlihat pada pelepasan lampion Waisak tahun 2023, dimana tidak ada klaim asuransi dan pengaduan masyarakat.

MBMI telah memperkirakan secara matang berbagai hal, seperti menyiapkan asuransi, alat pemadam kebakaran, ambulans dan lain-lain.

Seperti diketahui, Tri Suci Waisak memperingati tiga peristiwa penting, yaitu lahirnya Pangeran Siddharta, pencerahan Pangeran Siddharta, dan Kebuddhaan; dan Buddha Gautama parinibbana (almarhum).

Baca Juga: Penyalaan api Dharma Waisak 2568 BE Tahun 2024 Dihadiri Para Biksu dan Ratusan umat Buddha

Waktu Waisak jatuh pada hari Kamis pukul 20.52 WIB. Kegiatan Perayaan Waisak Nasional 2024 akan berkumpul di Candi Borobudur-Magelang Jawa Tengah.

Tema Waisak Nasional pada tahun 2024 adalah "Untuk Hidup Bahagia Sebagai Makhluk dan Manusia, Marilah Kita Meningkatkan Kesadaran Yang Diajarkan Oleh Sang Buddha", dengan sub-tema "Hindarilah Keserakahan Duniawi, Kebodohan, Kemarahan, dan Kebencian".

Halaman:

Editor: Dwi Christianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah