TNI Turun ke Masyarakat, Kawal Gerakan Percepatan Tanam Padi di Lebak

- 21 Mei 2024, 16:50 WIB
Lancarkan hanpangan di Wilayah, Babinsa Bantu Petani Panen Padi
Lancarkan hanpangan di Wilayah, Babinsa Bantu Petani Panen Padi /foto Malanghits.com/

PORTAL LEBAK - Tentara Nasional Indonesia (TNI) menjaga komitmennya dalam membantu masyarakat terutama para petani dalam mengawal gerakan percepatan tanam padi di Kabupaten Lebak, Banten. TNI mendukung program Kementerian Pertanian (Kementan) guna meningkatkan produksi pangan. 

"Kita mendukung manunggal tanam guna meningkatkan produksi pangan," kata Pasi Intel Kodim 0603 Lebak Letnan Satu Makmun saat meninjau gerakan percepatan tanam di Kelompok Tani Sukabungah Kabupaten Lebak, Selasa.

Sebelumnya, Kementan ingin meningkatkan Indeks Pertanaman (IP) melalui pompanisasi dengan yang awalnya petani hanya bisa menanam satu kali dalam setahun menjadi tiga kali tanam dalam satu tahun.

Kementan berupaya meningkatkan IP tanam supaya dapat mendongkrak produksi dan produktivitas pangan untuk memenuhi ketersediaan pangan nasional. Oleh sebab itu, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman bersama dengan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menjalin kerja sama agar kebijakan tersebut dapat berjalan dengan baik. 

Baca Juga: Dinas Pertanian Lebak Ingin IP 2024 Naik Tiga Kali Tanam untuk Genjot Produksi Pangan

Saat ini, TNI melalui Babinsa dan kelompok tani (Poktan) rutin melakukan pengecekan mengenai persiapan para petani untuk melakukan gerakan percepatan tanam padi. 

"Kami tak henti-hentinya mengajak petani agar melakukan gerakan tanam untuk meningkatkan produksi pangan itu," kata Makmun.

Menurut dia, TNI siap membantu jika petani mengalami kesulitan dalam pengadaan pupuk maupun benih. TNI melalui Babinsa nanti bisa berkoordinasi dengan Dinas Pertanian setempat maupun kepolisian agar penyaluran pupuk bisa berjalan dengan baik.

Jika petani menemukan kenakalan atau permainan pupuk, maka dapat dilaporkan ke Kodim, Kementan, maupun Kepolisian agar dapat ditindaklanjuti. 

Halaman:

Editor: Abror Fauzi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah