Pemkot Jakarta Selatan Tindak 184 Warga yang Buang Sampah Sembarangan, 19 di Antaranya Didenda

- 21 Mei 2024, 11:20 WIB
Sudin lingkungan hidup Jakarta Selatan mengenakan denda masyarakat yang membuang sampah di Lokbin Pasar Minggu, Jakarta, Kamis (16 Mei 2024).
Sudin lingkungan hidup Jakarta Selatan mengenakan denda masyarakat yang membuang sampah di Lokbin Pasar Minggu, Jakarta, Kamis (16 Mei 2024). /Foto: ANTARA/HO-Sudin LH Jakarta Selatan./

 

PORTAL LEBAK - Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Selatan menindak 184 warga yang membuang sampah sembarangan di Tempat Pembuangan Sampah (TPS), di Pasar Minggu dan 19 orang di antaranya didenda.

“Data terakhir, 19 orang yang dihukum terpaksa membayar denda,” kata Kepala Bidang Pengawasan dan Penindakan Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Selatan, Kamil, Senin 20 Mei 2024.

Menurut dia, sejak pelaksanaan pengawasan dan pemberlakuan Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah, Cabang LH Jakarta Selatan telah menindak 184 orang yang membuang sampah melebihi batas operasional.

Baca Juga: Volume Sampah Tangsel Meningkat 20 Persen di Tengah Banyaknya Masyarakat Mudik Lebaran

Kamil mengatakan, jam operasional di TPS seberang lokasi sasaran Pasar Minggu adalah pukul 05.00 hingga 09.30 WIB karena aktivitas perdagangan di lokasi tersebut terdampak bau sampah.

Katanya, dari jumlah tersebut, hanya 19 orang yang dikenakan denda paksa dengan total denda Rp 315.000. Penerapan denda penegakan ini memastikan bahwa masyarakat tidak membuang sampah sembarangan melebihi batas waktu yang ditentukan.

“Kami memberikan denda kepada warga setelah interaksi sosial pertama,” ujarnya.

Ia mengatakan, pengenaan denda terhadap alat penghancur sampah yang melebihi masa operasinya di lokasi sasaran Pasar Minggu dilakukan secara asal-asalan.

Baca Juga: Distribusi Logistik Pemilu 2024 ke 74 TPS di Pulau Belakangpadang Gunakan Mobil Jenazah Hingga Truk Sampah

Halaman:

Editor: Dwi Christianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah