Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim Akan Hentikan Kenaikan UKT Yang Tidak Wajar

- 22 Mei 2024, 06:04 WIB
Rapat kerja Komisi X DPR bersama Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Makarim di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (21/5/2024)
Rapat kerja Komisi X DPR bersama Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Makarim di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (21/5/2024) /Tangkapan Layar Youtube DPR RI

Untuk memastikan kita mencegah lompatan-lompatan tidak rasional tersebut

PORTAL LEBAK - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim menegaskan akan menghentikan kenaikan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang bersifat tidak masuk akal di universitas, saat rapat kerja dengan Komite X DPR RI di Jakarta, Selasa 21 Mei 2024.

Pernyataan Nadiem Anwar Makarim tersebut merupakan jawaban atas isu yang beredar di masyarakat terkait kenaikan biaya UKT yang memicu gelombang protes mahasiswa di berbagai daerah.

Nadiem Anwar Makarim mengingatkan perguruan tinggi negeri (PTN) jika ada kenaikan biaya UKT, bagi mahasiswa dengan kualifikasi ekonomi lebih tinggi sekalipun harus tetap wajar dan rasional.

Baca Juga: 4 Kriteria Mahasiswa Dapat Bantuan UKT, Cair Rp2,4 Juta di September 2021, Segera Daftar!

Ia mengaku banyak mendengar rumor adanya kenaikan biaya UKT yang cukup besar untuk UKT pita kedua di beberapa PTN. Nadiem pun meyakinkan pihaknya akan segera menilai, memverifikasi, dan melakukan peninjauan terhadap kenaikan UKT yang tidak wajar tersebut agar kenaikan tersebut dapat dihentikan setelahnya.

“Saya mohon kepada seluruh pimpinan program sarjana dan penelitian untuk memastikan kalaupun ada peningkatan, wajar, wajar dan tidak terburu-buru, apalagi mengambil langkah besar ke depan ( UKT),” ujarnya.

Sebelumnya, beberapa waktu lalu, Sekretaris Direktorat Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Tjitjik Sri Tjahjandarie mengatakan, kelompok UKT di beberapa laboratorium lebih banyak jumlahnya, terutama untuk memberikan fasilitas bagi mahasiswa dari luar keluarga.

Baca Juga: Anies: Kampus Merdeka Bukan Berarti 'Merdeka' Naikkan tarif Uang Kuliah Tunggal alias UKT

Halaman:

Editor: Dwi Christianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah