Sekretaris Jenderal PBB mengutuk serangan Iran terhadap Israel, menyerukan segera diakhiri

- 15 April 2024, 08:38 WIB
Sekjen PBB, Antonio Guterres.
Sekjen PBB, Antonio Guterres. /Reuters/Pedro Nunes/

PORTAL LEBAK - Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres pada hari Sabtu mengutuk keras serangan udara Iran terhadap Israel dan menyerukan diakhirinya permusuhan.

"Saya mengutuk keras eskalasi serius yang ditunjukkan oleh serangan besar yang dilancarkan Republik Islam Iran terhadap Israel malam ini. Saya menyerukan penghentian segera permusuhan ini," katanya dalam sebuah pernyataan.

Guterres mengatakan dia “sangat prihatin” tentang “bahaya nyata” dari eskalasi yang menghancurkan di wilayah tersebut.

Baca Juga: Rusia terkejut karena Dewan Keamanan PBB menolak gencatan senjata di Gaza

"Saya menyerukan semua pihak untuk menahan diri sepenuhnya untuk menghindari tindakan apa pun yang dapat mengarah pada konfrontasi militer besar-besaran di berbagai lini di Timur Tengah," ucapnya.

"Saya telah berulang kali menekankan bahwa baik kawasan maupun dunia tidak mampu melakukan perang lagi," tambahnya, dikutip PortalLebak.com dari Antara.

Iran melancarkan serangan udara terhadap Israel pada hari Sabtu sebagai pembalasan atas serangan tanggal 1 April 2024 terhadap fasilitas diplomatik negara tersebut.

Baca Juga: PBB mengutuk keras serangan rumah sakit Gaza yang menewaskan lebih dari 500 orang

Serangan Israel menewaskan sedikitnya tujuh anggota Korps Garda Revolusi Islam Iran, termasuk dua jenderal tertinggi. Iran menuduh Israel melakukan serangan itu dan menjanjikan pembalasan.

Halaman:

Editor: Dwi Christianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah