Kampung Ciluluk Kabupaten Lebak Terendam Banjir, Dampak dari Meluapnya Sungai Cimoyan

- 3 Januari 2023, 15:49 WIB
Banjir di Kampung Ciluluk, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, pada hari Selasa, 3 Januari 2023
Banjir di Kampung Ciluluk, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, pada hari Selasa, 3 Januari 2023 /Topan Aribowo Soesanto/

PORTAL LEBAK - Curah hujan di berbagai daerah terus hampir merata, tak terkecuali di Kampung Ciluluk, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Lebak. Provinsi Banten, pada hari Selasa, 3 Januari 2023.

Banjir yang terjadi di Kampung Ciluluk merendam sejumlah rumah warga disebabkan oleh Sungai Cimoyan yang kerap meluap saat terjadi hujan deras, pasalnya kondisi permukaan yang dangkal mengakibatkan banjir akibat pembuangan limbah galian pasir.

Hal ini yang menjadi perhatian serius Yayan Ridwan, untuk bagaimana semua stakeholder bisa menjaga serta merawat serta bertanggung jawab dengan kondisi lingkungan, terutama di sekitaran bantaran sungai.

Baca Juga: Warga di Bantaran Sungai Ciujung Lebak Diimbau Waspada Banjir

"Kita akan tertibkan dan edukasi semua pihak, untuk bisa menjaga ekosistem di bantaran sungai, sehingga tidak terjadi lagi pendangkalan, yang mengakibatkan meluapnya dan pencemaran air sungai," ujar Yayan anggota dewan PKS Lebak, kepada Portal Lebak.

"Kebijakan pemerintah daerah terhadap pelaku usaha tambang galian pasir, serta bagaimana setiap pelaku usaha mematuhi tata aturan yang berlaku, untuk tidak membuang limbah pasir nya ke sungai", tambahnya.

Sungai menjadi sumber penghidupan sumberdaya bagi masyarakat yang berada di sekitar bantaran sungai. Air hampir di sebagian di Indonesia biasa digunakan untuk aktivitas kehidupan sehari-hari.***

Editor: Jefry Agustinus Alexander B


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah