Hujan Lebat Kamis dan Jumat Pagi, Sungai Ciliwung Meluap Akibatkan Banjir 50 rumah di Kelurahan Cawang Jakarta

- 24 Februari 2023, 16:24 WIB
Dua siswa sekolah dasar (SD) sedang melewati banjir di permukiman Kebon Pala, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat 24 Februari 2023.
Dua siswa sekolah dasar (SD) sedang melewati banjir di permukiman Kebon Pala, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat 24 Februari 2023. / Foto: ANTARA/Syaiful Hakim/

Tidak bisa pakai pompa karena pembuangan airnya ke Kali Ciliwung yang saat ini masih meluap

PORTAL LEBAK - Sungai Ciliwung meluap setelah hujan yang berlangsung Kamis malam 23 Februari 2023 sampai Jumat siang banjir melanda 50 rumah warga Kelurahan Cawang, Jakarta Timur.

Warga Kelurahan, Cawang, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur itu terendam luapan sungai Ciliwung, ketinggian 20 centimeter sampai 1,5 meter.

"Terdapat 50 rumah dan ada 50 kepala keluarga (KK) terdampak banjir (luapan sungai Ciliwung)," ungkap Lurah Cawang, Didik Diarjo dikutip PortalLebak.com dari Antara.

Baca Juga: Pengamat Lingkungan Hidup, Ari Sumarto Taslim: Saya Ingin Sungai Ciliwung Lestari

Menurut Didik, banjir dengan luapan paling tinggi melanda Jalan Taman Harapan, RT 04/RW 03, di level ketinggian air hingga 1,5 meter.



Sedangkan ketinggian air sampai 1,2 meter, melanda di RW 03 di dua RT yang terlibas banjir, yaitu RT 02 dan RT 015, Kelurahan Cawang.

Luapan Kali Ciliwung sekaligus mengakibatkan permukiman warga RT 09 dan RT 011/RW 05, terlanda banjir sampai ketinggian 1,2 meter.

Baca Juga: Presiden Jokowi Kaget, Sodetan Kali Ciliwung yang Tertunda 6 Tahun Terlaksana di Era Pj Gubernur DKI Heru Budi

Hal yang sama terjadi di RW 08, dua RT terlanda banjir, di RT 06 dengan ketinggian air 20 centimeter serta RT 08 dengan ketinggian air hingga 60 centimeter.

Tak dapat dipungkiri, Didik menjelaskan sebagian besar rumah warga yang terdampak banjir di posisi bantaran Sungai Ciliwung.

Meski demikian, Didik mengungkapkan warganya tetap bertahan di rumah mereka, meski terlanda banjir, luapan Sungai Ciliwung.

Baca Juga: Jang Ki Yong Ngaku Pernah Dikunjungi Song Hye Kyo Saat Jalani Wajib Militer

"Tidak ada warga yang minta dievakuasi," kata Didik.

Saat ini, para petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), tak dapat berbuat lebih agar bisa menangani banjir, karena mesin pompa tidak bisa digunakan.

"Pompa tidak bisa dipakai, lantara pembuangan air ke Sungai Ciliwung, yang saat ini masih meluap," papar Didik yang berharap air segera surut.

"Belum memungkinkan (gunakan pompa) karena genangan masih lebih tinggi dari kalinya," tambahnya.

Halaman:

Editor: Dwi Christianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah