Pengamat Lingkungan Hidup, Ari Sumarto Taslim: Saya Ingin Sungai Ciliwung Lestari

- 21 Februari 2023, 17:12 WIB
Suasana anak-anak bermain di bantaran Sungai Ciliwung.
Suasana anak-anak bermain di bantaran Sungai Ciliwung. /Foto: Handout/Ari Sumarto Taslim/

 

PORTAL LEBAK - Pengamat ekosistem dan lingkungan hidup Jakarta Ari Sumarto Taslim menginginkan sungai atau sungai Ciliwung lestari.

Pasalnya, kondisi bantaran sungai Ciliwung saat ini telah sangat padat dan dipenuhi pemukiman warga, pabrik, hingga rumah sakit.

Kondisi ini sangat jauh berbeda jika publik melihat foto-foto zaman dahulu, banyak yang kagum akan situasi peradaban di sungai Ciliwung.

Baca Juga: Presiden Jokowi Kaget, Sodetan Kali Ciliwung yang Tertunda 6 Tahun Terlaksana di Era Pj Gubernur DKI Heru Budi

Karena aliran sungai Ciliwung masih berfungsi sebagai wadah moda transportasi warga dari Bogor ke Jakarta, begitu pula sebaliknya.

"Tingkat pencemaran sungai Ciliwung saat ini parah, harusnya kita berkaca bagaimana negara-negara di belahan dunia lain memperlakukan sungai melalui perawatan maksimal serta aturan yang ketat hingga terjaga ekosistemnya," ucap Ari Sumarto Taslim.

Ari Sumarto Taslim, melalui keterangan tertulis yang diterima PortalLebak.com, Selasa, 21 Februari 2023, berharap Pj. Gubernur DKI Jakarta dapat mengubah wajah sungai Ciliwung.

Baca Juga: Pemkot Bogor Gencar Penataan, Dedie A Rachim Ajak Masyarakat Sekitar Ciliwung Bersihkan Sungai

"Kita lihat Ridwan Kamil sudah mencoba di sungai saluran Kalimalang yang merubah wajah sungai itu seperti di Korea ini patut ditiru,"harga Ari Sumarto Taslim.

Halaman:

Editor: Dwi Christianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah