Polri Gelar Rakor Terkait Operasi Ketupat dan Kesiapan Mudik-balik Lebaran 2024

- 25 Maret 2024, 11:07 WIB
Polri akan menggelar Operasi Ketupat untuk pengamanan masa mudik Lebaran 2024
Polri akan menggelar Operasi Ketupat untuk pengamanan masa mudik Lebaran 2024 /PMJ News

PORTAL LEBAK - Operasi Ketupat 2024 segera dilaksanakan dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menggelar rapat koordinasi (rakor) lintas kementerian dan lembaga membahas kesiapan operasi dan kesiapan mudik-balik Lebaran 2024, pada Senin (25/3) di Jakarta.

Rakor dihadiri langsung Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, dihadiri pula oleh Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Agama, Kementerian Perdagangan, Panglima TNI, Kepala Pertamina, Basarnas, BNPB dan masih banyak lainnya.

Baca Juga: Kapolda Metro Jaya: Saya jamin kasus Firli Bahuri akan selesai, Sebelumnya Dikritik MAKI

Operasi Ketupat sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 4 April sampai dengan 16 April 2024 dan melibatkan 145.161 personel gabungan yang terdiri atas Polri, TNI dan instansi terkait lainnya. 

“Biasa dalam rakor dibahas kesiapan masing-masing kementerian dalam penyelenggaraan mudik-balik lebaran,” ujar Brigjen Pol. Gatot Repli Handoko, Kepala Biro Multimedia Divisi Humas Polri.

Baca Juga: Ribuan pengendara Kena Tilang karena mengemudi Lawan Arah, Ini Daftar Lokasi Penindakan olehPolda Metro Jaya

Pada arus mudik dan arus balik Lebaran 2024, diprediksi terdapat 193,6 juta orang yang akan melakukan perjalanan. Demi kelancaran arus mudik dan balik tahun ini, Polri telah melakukan berbagai persiapan. 

Seperti menyiapkan rekayasa lalu lintas contraflow, sistem satu arah (one way), dan alternatif terakhir penerapan sistem ganjil-genap. Rekayasa lalu lintas yang dilakukan di ruas jalan tol dimulai dari KM 0 Tol Jakarta hingga KM 141 Kalikangkung, Semarang. Begitu pula sebaliknya. Dimulai saat arus mudik pada tanggal 5 April dan arus balik 16 April 2024.

Baca Juga: Nikmati Mudik Gratis TNI Angkatan Laut Naik Kapal Perang, Ini Jadwalnya Buat Anda Pulang Kampung

Halaman:

Editor: Abror Fauzi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah