Guna Antisipasi Lonjakan Penumpang Mudik Lebaran 2024, Kemenhub Tambah 2.000 Penerbangan

- 30 Maret 2024, 08:27 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi saat Rakor Persiapan Lebaran di Bandara Soekarno Hatta, Jumat 29 Maret 2024
Menhub Budi Karya Sumadi saat Rakor Persiapan Lebaran di Bandara Soekarno Hatta, Jumat 29 Maret 2024 /Dok. BKIP Kemenhub

PORTAL LEBAK - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi akan terjadi kenaikan jumlah pemudik pada momen Lebaran tahun 2024 ini. Guna mengantisipasi lonjakan penumpang, Kemenhub menambah sekitar 2.000 penerbangan atau extra flight pada maskapai di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

“Kami tetap memberikan kepada operator untuk memberikan kesempatan menambah jumlah flight,” ujar Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan.

Pada arus mudik tahun ini, Kemenhub memprediksi sekitar 193 juta orang yang akan menggunakan transportasi udara. Jumlah tersebut naik dibanding tahun 2023 yang sebesar 120 juta atau lima puluh persen lebih banyak dibanding tahun sebelumnya.

Baca Juga: Kementerian Perhubungan Buka Lagi Kuota Bus Arus Mudik dan Balik Bagi 10.000 Orang

Oleh sebab itu, Kemenhub berkoordinasi dengan pihak Angkasa Pura (AP) dan AirNav untuk menyediakan ruang waktu di bandara yang melebihi dari jumlah yang sebelumnya.  

"Bisa sampai jam 08.00 atau jam 12.00 WIB dan juga kepada bandara-bandara yang dikelola oleh Kementerian Perhubungan akan melakukan demikian. AP dari Airnav mempekerjakan atau menyediakan availabilitas," ujarnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Imbau Masyarakat Pulang Lebih Awal Menjelang Idul Fitri

Sebagai antisipasi penumpukan penumpang dan antrean panjang di bandara, Kemenhub memerintahkan untuk menambah jumlah petugas di area drop off dan sebagian besar counter check-in saat ini akan difungsikan hanya sebagai tempat untuk meletakan bagasi.

"Dilihat dari suatu fakta di lapangan, dari pemesanan tiket yang terjadi, dan ini berdasarkan survei bahwa pemesanan tiket ini terjadi pada 'H-3' Lebaran Idul Fitri 2024," katanya.

Halaman:

Editor: Abror Fauzi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah