One Way Arus Mudik, Korlantas Memperpanjang Untuk di Jalan Tol Cipali-Tol Kalikangkung

- 8 April 2024, 09:30 WIB
Polri menerapkan sistem one way di KM 72 Tol Cikampek Utama sampai KM 414 Tol Kalikangkung, Semarang
Polri menerapkan sistem one way di KM 72 Tol Cikampek Utama sampai KM 414 Tol Kalikangkung, Semarang /Humas Polri

PORTAL LEBAK - Sistem one way atau penerapan rekayasa lalu lintas satu arah bakal diperpanjang oleh Korlantas dalam arus mudik Lebaran 2024 dari Jalan Tol KM Cipali hingga KM 414 Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah sampai Senin 8 April pukul 24.00 WIB.

Menurut Kakorlantas Polri, Irjen Pol. Aan Suhanan bahwa sistem one way semula dijalankan sampai dengan tanggal 7 April 2024 pukul 24.00 WIB. Namun, traffic counting kendaraan yang dipantau dari mesin perhitungan jumlah kendaraan masih menunjukan adanya peningkatan jumlah kendaraan yang melintas di jalan tol arah timur pulau jawa.

“mengingat data-data tadi untuk kegiatan rekayasa lalu lintas menuju ke timur ini kami akan teruskan, lanjutkan, sampai dengan nanti kami evaluasi besok,” jelas Jenderal polisi bintang dua. 

Baca Juga: Harapan Baru di Jalan Tol Jakarta Cikampek II Selatan, Salah 1 Andalan Jasa Marga Saat Arus Mudik Lebaran 2024

Dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) dijelaskan bahwa Polisi dapat memperpanjang penerapan sistem one way melebihi jadwal semula, namun dengan sejumlah catatan. Salah satunya telah terjadi peningkatan volume kendaraan. 

Korlantas Polri bersama Jasa Marga melakukan perhitungan pada hari Minggu (7/4) pukul 23.00 WIB, terutama dari 7 traffic counting yang tersebar mulai dari KM 73  sampai KM 71. Kemudian tercatat bahwa ada peningkatan arus lalu lintas menuju ke Trans Jawa arah timur. 

Baca Juga: H-7 s.d H-4 Hari Raya Idulfitri 1445H, Jasa Marga Catat 807 Ribu Kendaraan Mudik Meninggalkan Jabotabek

"Jadi tiga jam berturut-turut dari mulai jam 20.00 WIB, 21.00 WIB dan 22.00 WIB ini ada peningkatan yang signifikan untuk arus lalu lintas yang menuju ke trans Jawa arah timur," kata Aan.

Menurut Aan, berdasarkan dari data harian, jumlah kendaraan yang menuju ke arah timur pulau jawa sekitar 130 ribu hingga 135 ribu kendaraan dan masih terlihat ada peningkatan meskipun cenderung stagnan. ***

Halaman:

Editor: Abror Fauzi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah