Gunung Ruang di Sitaro Sulawesi Utara Meletus, Lontarkan Abu Vulkanik Setinggi 500 Meter

- 16 April 2024, 18:59 WIB
PVMBG menaikkan status Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro menjadi waspada setelah peningkatan aktivitas vulkanik.
PVMBG menaikkan status Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro menjadi waspada setelah peningkatan aktivitas vulkanik. /Foto: ANTARA/HO-Pos PGA Ruang./

PORTAL LEBAK - Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro Kepulauan, Sulawesi Utara (Sulut), meletus dan keluarkan semburan abu vulkanik setinggi 500 meter, Selasa 16 April 2024.

"Iya, kalau dilihat videonya seperti itu (mengeluarkan debu). Tapi kemudian hubungi pihak berwenang setempat. Video itu diambil sekitar pukul 13.00 WITA," kata Kepala Stasiun PGA Karangetang Yudia P, kata Tatipang, di Manado, Selasa.

Kepala Stasiun PGA Gunung Ruang Julius Ramopolii saat dikonfirmasi tidak mengangkat telepon meski mendengar nada sambung.

Baca Juga: Gunung Merapi Erupsi Memuntahkan Enam Kali Guguran Lava Setinggi 1,5 km

Sebelumnya, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM menaikkan status Gunung Ruang di Kepulauan Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara dari Level I (normal) menjadi Level II (waspada).

Berdasarkan hasil pantauan gambar dan peralatan yang menunjukkan adanya peningkatan aktivitas gunung berapi, tingkat aktivitas Gunung Ruang dinaikkan dari level I (normal) menjadi level II (waspada) mulai tanggal 16 April 2024 pukul 10.00 WITA ,” kata Ketua PVMBG Hendra Gunawan di Manado, Selasa.

Dalam laporan tingkat aktivitas Gunung Ruang yang dilansir Kepala Stasiun Pengamatan Gunung Api, Julius Ramopolii, dibagikan dalam grup chat "Informasi Gunung Api Sitaro", di sana Itulah beberapa anjuran yang patut dipatuhi masyarakat pada masa peringatan.

Baca Juga: Gunung Marapi di Sumatera Barat Erupsi Pagi Tadi, Lontarkan Abu Setinggi 1,5 km

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami peningkatan kegempaan vulkanik Warga di sekitar Gunung Ruang dan pengunjung atau wisatawan diimbau tetap waspada dan tidak mendekati kawah gunung berapi aktif dalam radius dua kilometer.

Halaman:

Editor: Dwi Christianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah