Suku Baduy Adalah Subjek Destinasi Wisata Adat, Bupati Iti: for Sure, Ini Concern Pemkab Lebak

- 12 Juli 2020, 06:00 WIB
Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya beratrasi silat dengan wisatawan asal Belanda yang piawai jurus-jurus pencak silat. /- Foto: Instagram @viajayabaya

PORTAL LEBAK - Bupati Iti Octavia Jayabaya menegaskan, Pemerintah Kabupaten Lebak tengah menggalakkan sektor pariwisata, termasuk wisata adat Suku Baduy di dalamnya.

Namun, pariwisata yang tengah ditata Pemkab, sama sekali tidak dalam tujuan mengeksploitasi habis Suku Baduy.

Menurut Iti, destinasi wisata adat Suku Baduy merupakan destinasi wisata budaya. Maka, pendekatan yang diambil Pemkab adalah dengan melibatkan masyarakat Suku Baduy sebagai subjek dari kebijakan kepariwisataan.

Baca Juga: Sepeda Lipat Jadi Tren di Tengah Booming Hobi Gowes di Masa Pandemi Covid-19

"Bahwa kemudian ada kekhawatiran terhadap kelestarian alam dan lingkungan Baduy berupa ancaman sampah dan perusakan lingkungan, for sure ini menjadi concern Pemerintah Kabupaten Lebak," tegas Iti.

"Bahwa alam Wewengkon Masyarakat Adat Baduy, dalam hal ini harus benar-benar dijaga dan dilestarikan," tandasnya dalam unggahan di akun instagram @viajayabaya yang bercentang biru, Jumat 10 Juli 2020.

Menurut Iti, masyarakat adat Suku Baduy merupakan role model living yang tidak lagi banyak tersisa di dunia.

Baca Juga: Lowongan TNI: Panggilan Menjadi Bintara dan Tamtama TNI Angkatan Laut

Kehidupan Suku Baduy dapat menjadi contoh bagi masyarakat dunia dalam hubungan antar masyarakat, termasuk harmoni hubungan manusia dalam memperlakukan alam sebagai bagian tidak terpisahkan dalam kehidupan.

Halaman:

Editor: Sugih Hartanto


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

X