Otoritas Bandara Ramp Chek Atas Pesawat yang Sempat Viral di Bandara Kualanamu

- 12 April 2024, 10:18 WIB
Kepala Kantor Otoritas Bandara Medan Wilayah II Sokhib Al Rokhman (tengah) melakukan pemeriksaan darat saat masuk Kokpit pesawat di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara.
Kepala Kantor Otoritas Bandara Medan Wilayah II Sokhib Al Rokhman (tengah) melakukan pemeriksaan darat saat masuk Kokpit pesawat di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara. /Foto: ANTARA/ HO-Istimewa/

PORTAL LEBAK - Otoritas Bandara Daerah Medan II menyatakan melakukan ramp chek atau pemeriksaan darat (safety inspeksi) terhadap pesawat komersil angkutan Lebaran 2024 yang viral di Bandara Internasional Kualanamu.

“Kemarin pesawat Citilink kena virus, AC (pendingin udara) panas.
Saya langsung turun dari pesawat, kami periksa sendiri,” kata Sokhib Al Rokhman, Kepala Kantor Badan Pengatur Bandara Regional Medan II di Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis.

Tindakan ini dilakukan oleh salah satu pihak untuk menjamin keselamatan, keamanan, kenyamanan dan kepatuhan yang dikenal dengan aspek 3S + 1C yaitu keselamatan, keamanan, pelayanan dan kepatuhan.

Baca Juga: Pesawat Pokemon dari Garuda Indonesia Resmi Diluncurkan Kamis 22 Februari 2024

Dalam dunia penerbangan, aspek 3S + 1C ini harus diterapkan dan tidak bisa dinegosiasikan oleh pemangku kepentingan seperti operator bandara dan organisasi.

Selain Instruksi Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Nomor: IR 1 DJPU Tahun 2024 tentang Penyelenggaraan Angkutan Idul Fitri Tahun 2024 M/1445 H.

“Ternyata ada masalah pada sistem pendingin “Kami segera mengambil tindakan. Penumpang kami pindahkan ke pesawat yang tersedia,” kata Sokhib.

Baca Juga: Kemenhan tunjuk Hotman Paris Hutapea selaku Penasihat Hukum kasus Dugaan Hoaks Pesawat Mirage

Dikatakannya, untuk mengurangi penundaan yang lama, pesawat sedang diperbaiki untuk penerbangan ke tujuan lain yang belum dijadwalkan keberangkatannya.

Halaman:

Editor: Dwi Christianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah